Monday, June 6, 2011

Sang Pertama di Farmasi


Terinspirasi oleh sebuah program acara di salah satu televisi swasta, saya nyoba nulis hal-hal unik yang ada di kampus saya, Program Studi D3 Farmasi tepatnya. Hal yang saya angkat kali ini adalah Tokoh-tokoh serba “Pertama” yang jika Allah mengijinkan akan jadi sejarah di Prodi saya (berlebihan gak sih? gak).
Kalo ada kesalahan mohon dibenarkan, jangan disalahkan. Jika ada masukan, saran, dan hadiah (dalam bentuk mentah atau barang) penulis sangat mengharapkannya. Jika ada kesamaan nama tokoh, jabatan, waktu, dan alur cerita itu adalah suatu kebetulan yang disengaja oleh penulis.
Berikut adalah daftarnya, check this out :
·      Ketua Prodi D3 Farmasi Pertama
Bapak Ahmad Ainurofiq, MSi., Apt.
Sepertinya untuk yang ini saya gak perlu ngasih tau deh. Pasalnya sejak awal berdiri sampai sekarang, posisi orang Nomor 1 di Prodi D3 Farmasi masih diduduki nama yang sama. Adalah Bapak Ahmad Ainurofiq, MSi., Apt. yang sampai sekarang  masih dipercaya memimpin Prodi D3 Farmasi. Sekedar info saja, selain mengampu di D3 Farmasi beliau juga dipercaya sebagai dosen di Jurusan Kimia FMIPA. 

·      Sekretaris Prodi D3 Farmasi Pertama
Bapak Saptono Hadi, MSi., Apt.
Mungkin tidak banyak yang tau siapa orang pertama yang menduduki jabatan ini (kecuali angkatan saya). Ini dikarenakan beliau tidak lama menjabat sebagai Sekprodi disebabkan melanjutkan study-nya di Jerman. Adalah Bapak Saptono Hadi, MSi., Apt. yang pernah tercatat sebagai Sekprodi pertama D3 Farmasi.

·      Kepala Laboratorium Pertama
Hampir sama dengan  Bapak Saptono, beliau meninggalkan D3 Farmasi dikarenakan melanjutkan study ke Belanda. Adalah Ibu Dinar Sari C.W., MSi., Apt. orang pertama yang dipercaya sebagai Kepala Laboratorium D3 Farmasi yang saat itu baru memiliki satu Laboratorium.

·      Koord. Akademik dan Jaminan Mutu Pertama di Prodi D3Farmasi
Ibu Rita Rakhmawati, MSi., Apt. adalah orang pertama yang ditunjuk sebagai koordinator akademik dan jaminan mutu sebelum akhirnya dipercaya menjadi Kepala Laboratorium menggantikan Ibu Dinar sampai sekarang. Besar kemungkinan dipenghujung tahun 2011 ini beliau juga akan melanjutkan study-nya ke luar negeri, untuk Negara mana yang dituju penulis juga belum banyak tau.

·      Koord. Kemahasiswaan dan Komdis Mahasiswa Pertama
Jabatan yang dimaksudkan sebagai Pembina Mahasiswa adalah dalam artian Pembina Ormawa yang ada di D3 Farmasi. Amanah ini pertama kali dipegang oleh Ibu Estu Retnaningtyas N., STP., M.Si. Dosen yang juga mengajar di jurusan Biologi ini sampai sekarang masih dipercaya memegang amanah ini.

·      Laboran Pertama di Prodi D3Farmasi
Adalah Mbak Siti Baroroh Z.I., A.Md. orang pertama yang menjadi Laboran untuk Lab. Farmasetika. Lulusan D3 Analis Farmasi USB ini sampai sekarang masih diposisi tersebut dengan dibantu oleh Mbak Indah Ratnaningsih dikarenakan bertambahnya laboratorium milik D3 Farmasi.

·      Angkatan Pertama di Farmasi
Absolute, adalah kata yang tepat untuk menempatkan Angkatan 2008 sebagai angkatan pertama di Prodi D3 Farmasi. Tidak perlu penjelasan lebih lanjut, karena memang tidak perlu dijelaskan.
D3 Farmasi Angkatan 2008


·      Koordinator Tingkat (Korti) Pertama di Farmasi
M. Taufan Anjar Suseno
Adalah Muhammad Taufan Anjar Suseno (Alm) yang diberikan amanah sebagai korti angkatan 2008 dan menjadi korti pertama sepanjang sejarah Prodi D3 Farmasi. Pertimbangan dari penunjukannya adalah pengalaman pernah merasakan kuliah satu tahun di UNY.

·      Mahasiswa dengan NIM Pertama di Farmasi
Nomor Induk Mahasiswa (NIM) terkecil dan pertama di Prodi D3 Farmasi adalah milik Afif Fajri Rosyiedi dengan NIM M 3508001. Mahasiswa yang berasal dari Bumi Sukowati ini tercatat sebagai mahasiswa angkatan 2008. Sekedar bocoran, dia adalah penulis tulisan yang sangat (tidak) penting ini.

·      Mahasiswa dengan Indeks Prestasi (IP) Tertinggi Pertama di Farmasi
Ernika Sari
Sebuah kebanggaan bisa menuliskan nama ini, tapi sayangnya bukan penulis yang mendapatkan gelar ini. Adalah Ernika Sari, mahasiswa asal kota ‘Ngapak’ Banyumas yang berhasil mencatatkan namanya dengan tinta emas (meskipun cuma tinta emas penulis). Dengan IP 3,48 saat semester pertama secara otomatis menempatkannya sebagai mahasiswa pertama dengan IP tertinggi di Prodi D3 Farmasi.

Delia Agustina L.

·  Mahasiswa Pertama yang Pindah/Keluar setelah Masuk Kuliah
Penulis sedih ketika harus menulis nama ini, karena inilah orang pertama yang hilang dari keluarga D3 Farmasi. Adalah Delia Agustina Lastuti mahasiswa angkatan 2008 yang memutuskan untuk pindah ke program studi lain ketika baru menginjak semester pertama.

·       Mahasiswa Pertama yang Diundang dalam Rapat Dewan Dosen Farmasi
Sebuah kebanggaan bagi penulis, karena menjadi mahasiswa pertama yang diikutkan dalam rapat dewan dosen. Tak lain dan tak bukan adalah ananda Afif Fajri Rosyiedi, mahasiswa angkatan 2008 yang saat itu duduk di semester IV dan kebetulan di amanahi sebagai Ketua Umum Himafarma. Rapat saat itu kalau saya tidak salah ingat membahas tentang wacana perubahan fungsi ruang penyimpanan alat laboratorium menjadi kesekretariatan Himafarma.

·      Mahasiswa Pertama yang Ikut SNMPTN dan Diterima Setelah Masuk Kuliah
Wahyu Susanto
Memasuki tahun ajaran baru 2009/2010, banyak dari teman-teman D3 Farmasi 2008 yang galau dan pengen pindah jurusan. Tanpa dikomando, banyak dari teman-teman yang kemudian ikut SNMPTN 2009. Entah memang sudah takdir atau apa, semua nama tidak ada yang lolos kecuali satu nama. Adalah Wahyu Susanto yang berhasil lolos dan diterima di jurusan Pendidikan Kedokteran Universitas Cendrawasih, Papua. Tapi dengan segala pertimbangan yang mungkin hanya dia dan keluarga yang tau, akhirnya dia memutuskan untuk tidak meniggalkan apa yang telah dia mulai terlebih dahulu, D3 Farmasi UNS.

·      Mahasiswa Pertama yang Menikah Setelah Masuk Kuliah
Trend mahasiswa nikah saat masih kuliah rupanya juga menjangkiti D3 Farmasi. Ini tergambar dari apa yang dilakukan oleh teman saya Rizky Agustin Rositawati. Menurut catatan pribadi saya, dia layak menyandang sebagai mahasiswa pertama yang menikah saat kuliah. Mahasiswa angkatan 2008 ini melepaskan masa lajang saat duduk di semester IV. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

·      Ketua Umum Pertama HIMAFARMA yang Dipilih melalui Mubes
Zen Liyuntiq A.
Zen Liyuntiq Arifin adalah Ketua Umum pertama Himafarma sekaligus yang pertama dipilih melalui forum Musyawarah Besar anggota Himafarma. Mahasiswa angkatan 2008 yang punya hobi tidur ini menjabat dari pertengahan semester I sampai semester III. Sebagai ormawa yang baru berdiri, pasang surut tentunya suatu hal yang sangat layak untuk dimaklumi di masa kepemimpinan dia.

·      Ketua Umum Pertama HIMAFARMA yang Dipilih melalui Pemilu
Afif Fajri R.
Penulis kembali mengeksiskan diri dengan menyabet penghargaan sebagai Ketua Umum pertama yang dipilih melalui Pemilu. Semua pasti sudah tau, yap dia adalah Afif Fajri Rosyiedi mahasiswa angkatan 2008 yang diberi amanah memimpin dari semester IV sampai semester V. Menurut saya tak ada yang istimewa di masa kepemimpinannya, kecuali mendapatkan kesekretariatan (hehehe, sedikit merendah lah).

·      Ketua DPO Pertama HIMAFARMA
Teman kita yang terpilih menjadi Ketua DPO pertama adalah Wahyu Susanto. Dipilih secara aklamasi oleh peserta Mubes yang saat itu dipimpin oleh mantan Presiden BEM FMIPA UNS tahun 2008, Imam Samudera. Dalam menjalankan tugasnya, mahasiswa angkatan 2008 ini dibantu oleh almarhum Taufan, Rizki Agustin, Kartika Sari dan Fitria Niken yang semuanya angkatan 2008 D3 Farmasi.
Pembaca yang budiman, baik hati, jujur, dan tidak cakep, mungkin itu dulu hal-hal pertama yang bisa saya sajikan. Jika ada salah, sekali lagi mohon dibenarkan jangan disalahkan. Insya ALLAH jika ada tambahan akan diposting di lain waktu. Ciao…!!

No comments:

Post a Comment